kita tidak akan mendapatkan apa yang kita mau jika kita tidak berusaha untuk mencarinya....

Sunday, January 20, 2013

PIRANTI MASUKAN

Piranti masukan ini merupakan Perangkat keras komputer yg memungkinkan pemasukan data dlm computer baik berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video maupun  gerakan.

Keyboard
Merupakan piranti masukan yang dapat mengubah huruf, angka, atau kode lain menjadi isyarat listrikyg dpt diproses komputer.
Secara garis besar sistem keyboard terdiri atas tombol:
          Pengetikan
tataletak sama dengan mesin ketik tradisional yang disebut QWERTY (sederetan tombol kiri teratas pada mesin ketik). Tujuan sistem ini adalah untuk memudahkan pengoperasian oleh pemakai yang telah terbiasa dengan mesin ketik
          Angka
tataletak seperti kalkulator yang disebut Numeric Keypad yang  terdiri 17 tombol dan pengetikan angka berupa NUM LOCK dengan tombol kontrol untuk pemindah kursor
          Fungsi
Tombol ini terdiri dari sederetan tombol F1-F12 yang berfungsi tergantung pada aplikasi atau sistem yang sedang dijalankan.
          kontrol
Tombol kontrol ini berfungsi untuk mengendalikan gerakan kursor atau layar.

  • Tipe Keyboard:
 
a. Keyboard qwerty
  •  Umumnya orang sudah familiar dengan layout keyboard yang disebut dengan “QWERTY”, yaitu susunan huruf tombol kiri atas.  
  • Rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. 
  • Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual.
  • Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris.

b. Keyboard Dvorak
  • Pertama dipatenkan tahun 1932. 
  • Susunan tombol huruf berdasarkan frekuensi penggunaannya. 
  • Huruf-huruf yang umum berada dibawah jari-jari yang dominan Kombinasi huruf yang umum berganti di antara kedua tangan. 
  • Keyboard jenis ini mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % dan mengurangi kelelahan tangan.

c. Chord Keyboard
  • Keyboard ini anya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5.
  • Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.
  • Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel.
  • Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan
  •  
  • Kecepatannya tinggi
  • Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
d. Special keyboard
  • Untuk mereka yang memerlukan keyboard khusus
  • Misal: keyboard maltron untuk yang kidal

e. Keyboard Proyeksi
  • Untuk menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar)
  • Bekerja dengan menggunakan sensor gerak
  • Jika jari melakukan gerak tertentu, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu.
  • Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse.


      Touch screen 
 
  • Piranti penunjuk berupa monitor yang peka terhadap sentuhan untuk mengaktifkan perintah.
  •  Terdapat inframerah.
  •  Lokasi inframerah yang terputus oleh jari yang akan memberitahu komputer tentang lokasi perintah yang dikehendaki.
  •  
  •  Bekerja dengan menginterupsi matriks dari berkas cahaya, atau dengan perubahan kapasitans atau pantulan gelombang ultrasonic.
  • Penunjuk peta, pencetak foto, ATM, dll.
 
     Light Pen

  • Piranti penunjuk yang seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektrik).
  • Memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar.
  • Alat pengendali lalin udara pada bandara, menampilkan info rinci tentang pesawat.
  • Light pen sangat akurat karena dapat menandai piksel secara individual.
Masalah yang muncul:
  1. Pena dapat mengganggu layar
  2. Gampang rusak atau patah
  3. Mudah hilang
  4. Meleahkan tangan
 
     Digital graphic tablet

  • Piranti yang dapat mengkonversi gambar atau foto menjadi data digital.
  • Berbentuk papan plastik elektronik yang dilengkapi mouse atau pena elektronis.
                                        

 Image Scanner 
  • Piranti yang dapat mengambil data masukan data gambar, foto, tulisan tangan.
  • Hasilnya diubah menjadi isyarat digital dan disimpan  atau diproses.
  • Penggunaan OmniPage Pro, hasil scanner diubah menjadi dokumen dengan format pemroses kata tertentu.

Camera

Camera Recorder (Camcorder) : sensor untuk menangkap object yang bergerak


Voice Recognizer 
 Biasa disebut : Speech Recognizer yaitu alat untuk membuat komputer mengerti omongan manusia.


 ATM (Automated Teller Machine)
Bekerja sebagai Input dan Output Memasukkan nomer PIN, angka uang, dll.  
Keluaran memungkinkan pemakai melihat perintah atau kode dan angka yang diketikkan.


Mouse
  • Menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor.
  • Pertama dikenalkan Macintosh, marak setelah tampilan GUI, yaitu windows 3.1
Cara Kerja Mouse: 
  •  Mouse Optomekanik
Mouse mendeteksi gerakan tangan kita, untuk diubah menjadi sinyal yg dikenalo prosesor. Diperlukan 5 komponen :
1. sebuah bola didasar mouse.
2. dua buah roller. Untuk mengukur arah gerakan sumbu x dan y.
3. roller terhubung dalam piringan berlubang.
4. dengan adanya piringan LED ditangkap terputus-putus oleh  infrared.
5. chip prosesoràmengubah pulsa LED menjadi data biner yang dikenali komputer.
  • Mouse Optic
- mengunakan LED merah sebagai pengganti bola.
-Cahaya LED dipantulkan ke sensor CMOS
- Mengirimkan gambaran permukaan ke DSP.
- DSP menganalisa gambaran dan menentukan jarak pergeseran mouse.
- keunggulan mouse optic :
1. tdk ada bagian yang harus bergerak,  kemungkinan kegagalan tidak ada
2. karena tertutup penuh,sehingga tidak memungkinkan debu masuk dalam mouse.

  •  Trackball
1. Memilih perintah dari menu tampilan grafis.
2. Bedanya dengan mouse, jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar dipelukan penggeseran mouse.
3. Trackball, penggeseran dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan ke arah yang dikehendaki.
4. Banyak diterapkan pada laptop.


No comments:

Post a Comment