Organisasi Komputer
Organisasi
Komputer adalah bagian
yang terkait erat
dengan unit-unit operasional.
contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Dari asal katanya “to compute” komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya.
contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Dari asal katanya “to compute” komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya.
Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara sederhana dengan
diagram blok sebagai berikut :
Secara
umum masing-masing bagian dapat kita rinci sebagai berikut :
1. Input Device
Input
device adalah peralatan yang kita
gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam
komputer.
Contoh :
- keyboard
- mouse
- scanner
2. Output Device
Output
device adalah peralatan yang kita gunakan untuk
melihat hasil pengolahan data atau perintah yang
dilakukan oleh komputer.
Contoh
:
- monitor
- Printer
3. I/O Ports
I/O
adalah Input/Output. Bagian ini digunakan
untuk menerima ataupun mengirim data
keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung
melalui port ini. Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU
keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung
melalui port ini. Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU
memilikidua
bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah
data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa
disebut dengan nama processor saja.
4. Memory
Bagian ini terdiri dari
internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory
yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.
5. Data Bus
Data
bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer.
Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang
paralel. Karena pada suatu saat tertentu masingmasing saluran hanya dapat membawa 1 bit
data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan
kinerja sistem secara keseluruhan.
Sifatnya bidirectional, misalnya CPU
dapat membaca dari memory atau port dan dapat
juga mengirim ke memory atau port.
6. Address Bus
Address
Bus digunakan untuk menandakan lokasi
sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau
dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus
transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau
dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus
menentukan
kapasitas memory maksimum sistem.
Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit
maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).
7. Control Bus
Control
Bus digunakan untuk mengontrol
penggunaan serta akses ke Data Bus dan
Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal
pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau
I/O port.
Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal
pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau
I/O port.
Arsitektur Komputer
Dalam
bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan
rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja,
dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram
keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC,
RISC, blue Gene, dll.
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan
rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja,
dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram
keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC,
RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur
komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni
mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Arsitektur
komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
•
Set instruksi (ISA)
•
Arsitektur mikro dari ISA, dan
•
Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
No comments:
Post a Comment