kita tidak akan mendapatkan apa yang kita mau jika kita tidak berusaha untuk mencarinya....

Saturday, January 19, 2013

KOMPONEN-KOMPONEN DALAM CPU

Sebenarnya CPU bukanlah casing komputer dengan segala isinya. CPU sendiri merupakan prosesor yang ada di dalam suatu processing unit. Namun salah kaprah yang beredar di masyarakat menganggap bahwa CPU adalah processing unit itu sendiri. Tidak mengapa, asal penjual dan pembeli sama-sama mengerti maksud masing-masing atas istilah CPU.


Komponen CPU
Ada banyak komponen-komponen CPU dalam komputer. Setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing. Setiap komponen saling terhubung dan menjadikan sebuah komputer dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa komponen-komponen CPU:
  • Casing 
      Casing merupakan bagian luar dari sebuah CPU. Ada banyak casing yang beredar. Walau demikian bentuk yang lazim untuk sebuahcasing CPU adalah berbentuk menara. Casing berfungsi untuk melindungi seluruh isi dalam sebuah CPU.
  • Motherboard
     Komponen kedua dari CPU yang tak kalah pentingnya adalah motherboard
     Salah satu bagian dari CPU yang terdiri dari komponen elektronik yang terangkai sedemikian rupa dalam sebuah papan elektronik. Di motherboard inilah terpasang seluruh komponen komponen CPU lainnya. Motherboard berfungsi layaknya jembatan penghubung tiap komponen dalam CPU.
  • Memori
     Memori adalah komponen CPU yang berfungsi sebagai tempat proses komputer berlangsung. Dengan semakin besar dan cepatnya memori, otomatis kecepatan proses yang dilakukan komputer juga akan meningkat.
  • Prosesor
     Prosesor layaknya otak dalam tubuh manusia. Prosesor dalam CPU berfungsi untuk melakukan berbagai proses yang diperintahkan kepadanya. Dengan prosesor yang cepat, otomatis proses yang dilakukan komputer juga akan berlangsung dengan cepat.
  • Harddisk
     Merupakan komponen CPU yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Dengan adanya harddisk, file-file dapat tersusun dengan rapi. Saat Anda akan membuka dan mengakses file tersebut, Anda akan mengakses dan bekerja dengan harddisk.
  • Kartu grafis
      Kartu grafis adalah komponen CPU yang bertugas dalam pengolahan gambar dan tampilan. Semakin besarnya kebutuhan komputer dalam mengolah gambar, termasuk bermain games 3D, Anda membutuhkan kartu grafis dengan kemampuan yang tinggi pula. Dengan kartu grafis yang bagus, pergerakan objek di dalam layar komputer akan terlihat mulus dan halus.
  • Kartu suara
      Sejalan dengan namanya, kartu ini berguna dalam menghasilkan suara dari komputer. Dengan adanya kartu suara, Anda bisa mendengar musik, menonton film dan bermain games dengan suara yang berkualitas.


Demikian gambaran singkat komponen-komponen CPU. Adalagi beberapa komponen yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah CPU. Namun dengan komponen yang saya sebutkan di atas, sebuah komputer sudah dapat berfungsi dengan baik.

No comments:

Post a Comment